Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Bahaya! Sering Di Rumah Ganggu Kesehatan

Beberapa hobi orang ada yang lebih gemar jalan-jalan keluar rumah dan menghabiskan waktu dan melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan dibandingkan hanya tinggal dan menghabiskan waktu di dalam rumah. Tetapi, ada juga model orang yang gemar menghabiskan waktunya dan melakukan kegiatan di dalam rumah atau di dalam suatu ruangan yang membuat mereka merasa nyaman tanpa harus keluar ruangan seperti melakukan kegiatan  menonton televisi, tidur, membaca novel dan lain-lain, dan malas keluar dengan alasan tak mau kena matahari.

Nah, jika kamu adalah orang yang termasuk dalam model kedua, kamu perlu kaji ulang hobi kamu ini. Kenapa salah sering di dalam rumah? Jawabannya adalah bila sering di rumah ganggu kesehatanmu dan dalam jangka waktu panjang malah semakin menimbulkan penyakit yang parah dan susah disembuhkan. Awalnya akan merasakan gangguan kesehatan seperti: stres , rasa cemas, dan bahkan membuatmu insomnia.



Banyak hal baik yang kamu lewati di luar sana, dan kalau hanya tetap tinggal di dalam suatu ruangan berdinding, maka kamu tidak akan mendapatkan asupan vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari. Ada info dari Kenneth Wright, kepala Sleep and Chronobiology Laboratory University of Colorado yang menyatakan kalau tubuh sebenarnya memerlukan asupan sinar matahari untuk menyusun ulang waktu tidur alam bawah sadarmu (ritme sirkardian), mengendalikan perasaan dan memberikan energi tubuh.

Bila terlalu sering berdiam diri di rumah bahkan bisa mendorong timbulnya berbagai penyakit lain lagi seperti obesitas, diabetes, depresi dan berbagai penyakit lainnya. Cara aman dan cepat adalah dengan mengatur waktu dengan keluar dari rumah atau ruangan yang membuatmu tidak bisa menikmati alam diluar sana. Lakukanlah kegiatan di luar sana dan hiruplah udara dan rasakan sinar matahari baik di kulit dan tubuhmu, setidaknya rata-rata 45 menit setiap harinya.

Menurut Kenneth Wright, kebiasan ini mendukung badan untuk menyusun kembali model jam istirahat alam bawah sadar sehingga mencegah insomnia. Tambahan lagi, sinar matahari juga menambah daya tahan dan vitalitas tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit fisik atau mental. Kegunaan ini menjadi semakin lebih tinggi lagi bila kamu melakukannya di luar ruangan dengan menikmati manfaat alam dan udara yang bersih dan alami.

Baca juga:
Tom Holland 'Spiderman' Luka-Luka Syuting Captain America

Bisa saja, karena faktor ini lah kenapa kegiatan yoga atau meditasi dilaksanakan diluar ruanga seperti di taman atau di area hijau yang segar, damai dan tenang, disebabkan manfaatnya untuk kesehatan lebih besar dibanding hanya keluar rumah tanpa tujuan.

Oleh karena itu, setelah anda memahami alasan baik kenapa perlu keluar ruangan atau rumah, ayolah lakukan hal menarik dan luangkanlah waktu anda untuk menikmati udata luar dan alam bebas.

Tempat tinggal memang diperlukan setiap manusia, untuk tempat beristirahat, berlindung dan berkumpul dengan keluarga. Tetapi janganlah terlalu sering di rumah bahkan sampai tidak pernah keluar rumah karena akan menggangu kesehatan tubuh dan pikiran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahaya! Sering Di Rumah Ganggu Kesehatan

0 komentar: