Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Jenis Bakteri Di Ketiak Bertambah Setelah Pemakaian Deodoran?

Persoalan bau tubuh yang sering muncul saat datangnya keringat berlebihan di sekitar ketiak merupakan lahan makanan bakteri yang ada, lalu sisa-sia makanan dari bakteri itu meninggalkan bau yang tidak enak di ketiak dan menjadi sumber bau di tubuh. Untuk menghindari bau di ketiak itu, maka dipakailah deodoran serta antiperspirant untuk menghalangi produksi keringat dan membunuh jenis bakteri di ketiak pemicu bau tubuh.



Pemakaian deodoran serta antiperspirant sesungguhnya relatif aman dipakai keseharian, akan tetapi menurut studi kalau ada efek samping terlebih pada jumlah jenis bakteri di ketiak. Menurut peneliti Biologi Mikro Julie Horvath dari North Carolina University hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah jenis bakteri yang ada tertinggal menjadi semakin banyak jenisnya daripada saat sebelum pemakaian deodoran.

Pada hasil studi yang dilaporkan dalam jurnal PeerJ, peneliti mengambil  dan meneliti sampel dari ketiak 17 orang partisipan dalam 8 hari berturut-turut. Dari hasil sampel itu dapat dibuktikan bagaimana keragaman dan jenis hayati pada ketiak sampel dipengaruhi olehpemakaian deodoran serta antiperspirant.

BIla rata-rata orang-orang yang dijadikan partisipan sampel tersebut sebelumnya tidak menggunakan deodoran, partisipan mempunyai jumlah jenis bakteri adalah 750 koloni bakteri di ketiaknya. Lalu, jumlah itu alami penurunan jumlah jenis bakteri yang signifikan menjadi rata-rata 73 jumlah jenis koloni bakteri pada hari pertama penggunaan, serta lalu menjadi mengalami penurunan lagi menjadi 25 jumlah jenis koloni bakteri saat hari kedua.

Baca juga:
Membantu Berat Tubuh Ibu Hamil Yang Sehat

Kenyataannya saat partisipan sampel itu memiliki rata-rata 22 jenis bakteri di ketiak sebelum mereka melakukan pemakaian deodoran atau antiprespirant. Jumlah itu lantas meningkat menjadi 106 jenis bakteri di ketiak sesudah partisipan disuruh untuk berhenti menggunakan deodoran di ketiaknya.

"Pada akhirnya kami ingin mencari tahu apakah pergantian pada ekosistem mikroba ini merupakan suatu hal yang baik atau jelek. Namun pertama kali kita mesti tahu dahulu bagaimana kondisi lingkungannya serta bagaimana rutinitas yang kita lakukan sehingga dapat mengalami perubahan jenis bakteri semacam itu, " kata Horvath seperti diambil dari LiveScience pada Selasa (8/3/2016).

Jenis bakteri yang tersisa di ketiak setelah pemakaian deodoran atau antiprespirant pada umumnya disebutkan para peneliti ahli kalau itu adalah bakteri asing di ketiak karena pengaruh sisa pemakaian deodoran yang masih menempel di ketiak sehingga menambah jenis bakteri baru.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis Bakteri Di Ketiak Bertambah Setelah Pemakaian Deodoran?

0 komentar: