Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Waspada!! Nonton Film Kartun Pada Anak Bisa Bawa Resiko

Kebanyakan anak-anak umur balita suka senang sekali menonton film kartun yang menampilkan beberapa warna cerah sehingga menarik perhatian untuk menonton berlama-lama.

Akan tetapi, para orang-tua harus hati-hati. Pasalnya, sekarang ini, banyak film kartun yang menayangkan adegan kekerasan yang beresiko untuk dilihat si kecil.



Menurut riset terbaru mengungkapkan kalau sering menonton televisi seperti contohnya film kartun dapat membawa pengaruh negatif dan buruk pada anak, sewaktu usianya meraih periode sekolah. Mengapa demikian?

Kajian analisa yang dilakukan  oleh University of Washington, Seattle, Amerika Serikat menemukankalau anak umur balita yang sering menonton televisi dapat mengalami kesusahan konsentrasi serta berkonsentrasi waktu mereka mulai bersekolah.

Resiko itu akan semakin bertambah hingga mencapai 10 % saat durasi menonton TV pada anak menjadi meningkat (semakin lama) daripada waktu normal yang disarankan. Keadaan ini menjadi nyata tampak saat buah hati Anda berumur tujuh tahun.

Riset menyimpulkan kalau anak yang asyik menonton televisi selama delapan jam /hari mempunyai resiko sulit berkonsentrasi sebanyak  80 % daripada anak yang menonton kurang dari delapan jam, atau sekalipun tidak menonton TV per hari.

Baca juga:
Dibalik Alasan Gojek Mulai Banyak Tingkah
Lalu, riset bergulir pada pilihan film yang dilihat sebagian besar anak-anak, yakni jenis film kartun.

Ternyata, film kartun yang memiliki banyak variasi warna yang menarik karena cerah dan tajam, dapat mengakibatkan kerusakan konsentrasi serta tingkah laku anak-anak.

Sebab, sebagian hasil uji menunjukkan kalau anak berumur empat tahun yang hobbi menonton film kartun dengan pemakaian waktu diatas, tumbuh dengan kekuatan memecahkan permasalahan yang rendah.

American Academy of Pediatrics (AAP) mereferensikan beberapa orang-tua untuk mengawasi saat anak-anak menonton televisi.

Jumlah waktu yang disarankan untuk menonton film tidak boleh lebih dari  satu sampai dua film per hari. Lalu, orang-tua juga dihimbau untuk lebih rajin dalam menyeleksi jenis film kartun yang dikonsumsi oleh anak.

“Efek periode panjang yang permanen dari rutinitas menonton TVmemanglah masih pembahasan materi yang selalu terus berkembang, namun menurut riset ini, saya konfirmasi, menonton TV serta film kartun sangat lama bisa menjadi permasalahan paling utama pada masa depan anak-anak, ungkap Dr Dimitri Christakis, Director, Center for Child Health, Behaviour, and Development, University of Washington, Seattle, Amerika Serikat.

Otak anak balita masihlah tumbuh serta berkembang, jika tontonan anak senantiasa mengungkapkan stimulasi yang kurang positif dan baik, maka dapat membuat kekuatan mereka dalam berkonsentrasi mengalami penurunan serta tak terbentuk dengan cara maksimal.

Dr Christakis memberi saran buat orang-tua tetaplah memantau model dan jenis tontonan anak serta jangka waktu saat menonton sehari-harinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Waspada!! Nonton Film Kartun Pada Anak Bisa Bawa Resiko

0 komentar: