Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Ternyata! Gerai Minuman Modern Punya Kandungan Gula Sangat Tinggi

Apabila Anda memperhatikan pemakaian konsumsi gula harian, baiknya cermati kandungan gula dalam satu gelas gerai minuman modern yang menjual seperti minuman kopi, teh atau minuman cokelat di mall, toko kopi atau cafe yang sedang ramai merambah di kota-kota.

Menurut laporan Action on Sugar, grup riset dari Inggris, gerai minuman modern atau  jaringan toko dan gerai kopi moderen yang banyak digemari para anak muda bahkan sudah menjadi gaya hidup kota modern mempunyai kandungan gula yang begitu tinggi. Demikian juga pada minuman di restoran cepat saji.



Di gerai minuman modern pada satu gelas minuman cokelat panasnya atau minuman teh dapat memiliki kandungan 25 sendok teh gula. Jumlah itu  mengandung tiga kali lebih besar dibandingkan jumlah konsumsi gula harian yang direferensikan untuk orang satu orang dewasa.

Laporan itu juga mengungkap, nyaris 98 % dari 131 minuman panas di gerai minuman modern memiliki kandungan gula yang begitu tinggi serta termasuk dalam kelompok " merah " bila minuman itu mesti diberikan label.

Dalam satu gelas ukuran besar minuman Chai Latte saja didalamnya ada 20 sendok teh gula, sedang minuman cokelat panas superbesar dari salah satu cafe terbesar memiliki kandungan 15 sendok teh gula. Semakin banyak 2 x lipat dari referensi kesehatan gula harian pada manusia.

Baca juga:
Revisi UU KPK Akhirnya Ditunda Presiden Jokowi

Ada lebih dari sepertiga minuman yang diuji memiliki kandungan gula dalam jumlah yang sama atau lebih tinggi dari kandungan gula dalam sekaleng minuman softdrink.

Gerai-gerai minuman modern sekarang ini memang menjual dan menawarkan berbagai jenis varian minuman cokelat, atau teh untuk menarik customer yang bukanlah peminum kopi. Pada minuman itu juga ditambahkan sirup yang  tinggi gula untuk memberikan rasa yang lebih enak dan menarik.

Action on Sugar juga sudah menganjurkan supaya gerai minuman modern mau  membatasi pemakaian gula pada produk mereka. Mereka bahkan juga menyebutkan pemakaian gula yang terlalu berlebihan itu sebagai skandal dan masalah yang harus diperhatikan.

 " Jumlah gula serta kalori yang dijual di gerai minuman modern itu tidak masuk akal, bahkan kadang-kadang makanannya juga memiliki kandungan gula tinggi, kalori serta lemak. Tidak mengherankan bila angka obesitas begitu tinggi di Eropa, " kata Kawther Hashem, pakar nutrisi serta peneliti dari Action on Sugar.

Gerai minuman modern adalah pihak Starbucks, seperti diambil The Guardian, menyebutkan komitmennya untuk melakukan pengurangan konsumsi gula dalam minumannya hingga 25 % pada tahun 2020. Diluar itu, info nutrisi tiap-tiap minuman akan ditampilkan pada gerai minuman modern serta pada website nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ternyata! Gerai Minuman Modern Punya Kandungan Gula Sangat Tinggi

0 komentar: