Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Penelitian Terbaru Virus Zika Menular Lewat Air Liur Dan Urine

 Virus Zika lagi ramai diperbincangkan di dunia karena diindikasikan berkaitan dengan kelahiran bayi dengan mikrosefali (Kepala Kecil). Sebelumnya ada sangkaan bahwa virus Zika dapat menular lewat jalinan seksual, dansaat ini ada temuan baru yang lain. Dilaporkan virus Zika diketemukan di air liur serta urine.



Baca juga :  Haters Yang Sebut Deddy Corbuzier PSK Kini Kaget Foto KTPnya ada pada Deddy


Menurut Paulo Gadelha, Presiden Institut Riset Fiocruz di Brazil yang mengatakan hasil penelitian itu. Dalam suatu konferensi pers, Gadelha menjelaskan bahwa peneliti sudah menemukan kalau virus Zika hidup di air liur serta urine yang dijadikan sampel. Karenanya dicurigai dua cairan dari tubuh ini dapat menularkan virus Zika, walau diperlukan riset lebih lanjut.







Hasil itu didapat sesudah tim peneliti Fiocruz mempelajari sampel dari dua pasien yang menunjukkan tanda-tanda terkena Zika, lalu kenyataannya mereka positif terserang penyakit itu. Tes pada kultur sel juga menunjukkan virus dalam sampel dapat mengakibatkan kerusakan beberapa sel.

Atas temuan itu, Gadelha merekomendasikan wanita hamil tidak melakukan ciuman bibir untuk menghindari penularan virus Zika lewat air liur. Selain itu dianjurkanjuga untuk membatasi pemakaian alat makan seperti piring, sendok serta gelas bersama dengan beberapa orang yang mempunyai tanda-tanda virus Zika. Demikian kutipan dari berita news. com. au, Sabtu (6/2/2016).

Myrna Bonaldo, yang memimpin riset mengakui terkejut dengan penemuan virus Zika di air seni karena sebelumnya Zika dipercaya tak berkembang di media yang asam. "Setiap penemuan baru merupakan kejutan buat kami, " paparnya.

Atas temuan-temuan baru tentang virus Zika tersebut, menurut Myrna Bonaldo adalah tantangan untuk beberapa ilmuwan agar lebih mengerti virus Zika.

Walau demikian beberapa pakar merespons temuan itu dengan sangat hati-hati. Ini karena ukuran sampel yang begitu kecil sehingga belum bisa menggambarkan secara luas kalau benar virus dapat menyebar lewat cairan tubuh manusia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penelitian Terbaru Virus Zika Menular Lewat Air Liur Dan Urine

0 komentar: