Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Jokowi Berbagi Pengalaman Memberantas Terorisme Di KTT AS-ASEAN

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berbagi cerita dan pengalaman berkaitan dengan cara-cara Indonesia dalam mengatasi serta memberantas tindakan terorisme serta ektrimisme dihadapan forum KTT AS-ASEAN.

Pada salah satu sesi di bagian Retreat II Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-ASEAN yang diselenggarakan pada Selasa (16/2/2016) pagi waktu setempat atau Rabu (17/2/2016) dini hari waktu Jakarta, Jokowi mencontohkan aksi teror berbentuk ancaman bom di Jakarta beberapa waktu lalu.



Ia mengingatkan hal yang paling penting adalah kerja sama dalam tiga hal, yaitu mempromosikan toleransi, memberantas terorisme serta ekstrimisme, dan menangani akar permasalahan serta membuat situasi kondusif pada terorisme.

 " Gabungan pemakaian hard power serta soft power dibutuhkan dalam mengatasi ekstrimisme, " kata Jokowi.

Ia menambahkan, terkait dengan pendekatan " hard power ", Indonesia sedang mengkaji ulang Undang-Undang Terorisme.

Hal semacam ini ditujukan untuk menguatkan payung hukum dalam memerangi terorisme di Indonesia.

Baca juga:
Kenapa Generasi Muda Tidak Suka Facebook dan Twitter Lagi?

 " Penguatan legalisasi ini, pastinya dikerjakan dengan memperhitungkan penghormatan pada hak asasi manusia, " papar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyebutkan, pendekatan soft power juga perlu diperkuat. Salah satu langkahnya adalah dengan melakukan pendekatan agama serta kebudayaan, melibatkan seluruh masyarakat, melibatkan organisasi masyarakat serta lembaga keagamaan.

Menurutnya, diversifikasi pendekatan deradikalisasi serta kontra radikalisasi juga dijalankan melalui program rehabilitasi narapidana teroris dan program penerimaan kembali (reintegrasi) di masyarakat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jokowi Berbagi Pengalaman Memberantas Terorisme Di KTT AS-ASEAN

0 komentar: