Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Ada Alasan Kejagung Hentikan Kasus Hukum Novel Baswedan

Kejaksaan Agung, Jaksa Agung Muda Pidana Umum Noor Rochmad mengemukakan, penghentian penuntutan masalah hukum anggota KPK Novel Baswedan sudah lewat kajian yang matang.



Surat keputusan tersebut bernomor B03N.7.10/RP.10/2/2016. Kejaksaan Agung menyatakan bahwa kasus Novel tidak layak dilanjutkan di pengadilan karena sejumlah alasan. Argumen yang memicu penghentian penuntutan salah satunya kurangnya alat bukti untuk menjerat Novel serta habisnya jangka waktu berlaku masalah tersebut.

 " Ada dua argumen, yakni akibat kurang bukti dari penggugat serta batal buat hukum disebabkan kasus sudah memasuki periode kadaluwarsa. Itu yang melandasi surat penghentian penuntutan, " tutur Noor di Kantor Kejaksaan Agung, Senin (22/2/2016).

Jaksa Agung Muda Pidana Umum Noor Rochmad Noor menyampaikan, susah menyatakan kalau Novel Baswedan memanglah pelaku penembakan itu. Momen penembakan memang sudah berlangsung, namun tak ada saksi mata terkecuali korban yang bisa meyakinkan pelaku atas peristiwa ini.

Baca juga:
Perlu Dicoba, Manfaat Kebaikan Musik

 " Perkara ini peristiwanya terjadi di malam hari, pasti dalam kondisi gelap. Lalu, saksi yang melihat pun tidak ada juga disana, dalam berkas yang diajukan ke Kejagung tidak ditemukan saksi lain, " kata Noor.

Dari segi saat perlakuan perkara, semestinya masalah ini telah kedaluwarsa pada 18 November yang lalu. Sedangkan kejadian penembakan berlangsung pada 18 Februari 2004.

 " Kasus dihitung memasuki kadaluwarsa adalah 12 tahun. Jadi, seharusnya saat tanggal 18 Februari kemarin adalah terakhir, dan tanggal 19 Februari sudah masuk kadaluwarsa, " kata Noor.

Novel diputuskan sebagai tersangka masalah sangkaan penganiayaan pada pencuri sarang burung walet. Kejadian disangka berlangsung sewaktu Novel menjabat sebagai Kepala Unit Reserse Kriminil Polres Bengkulu pada tahun 2004 silam.

Masalah ini tetaplah bergulir, walau referensi Ombudsman mengungkapkan ada temuan maladministrasi dalam penyidikan Novel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ada Alasan Kejagung Hentikan Kasus Hukum Novel Baswedan

0 komentar: