Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

5 cara nge-cas cepat ponsel anda



Fungsi smartphone sudah seperti `istri kedua` yang tak mungkin dapat terlepas dari diri kita dan selalu disamping kita. Banyak kegiatan yang bisa digunakan oleh kita denga smartphone mulai dari memotret, menonton film, mengedit video, bahkan sampai menjadi perangkat kesehatan dengan menggunakan berbagai aplikasi yang ditawarkan.

Namun, memang ada harga yang harus dibayar ketika Anda sering menggunakan fitur yang hadir di smartphone Anda. `Harga` tersebut adalah baterai yang akan cepat habis jika menggunakan smartphone terus menerus untuk berbagai keperluan.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini tentunya dengan cara mengisi baterai smartphone. Namun, proses nge-charge smartphone pada dasarnya tidak secepat yang Anda pikirkan.

Butuh waktu lebih dari satu jam agar Anda dapat menggunakan smartphone kembali dengan kondisi baterai yang penuh dan prima. Nah, bagaimana jika Anda harus melakukan charging smartphone pada waktu yang tidak tepat ketika Anda didesak harus menggunakan smartphone tersebut untuk keperluan pekerjaan?

Kenyataannya memang tidak mungkin bagi Anda bisa menyulap baterai smartphone yang di-charge dalam waktu yang begitu singkat. Namun, setidaknya Anda bisa mengakali metode pengisian baterai dengan tepat dan efisien.

Laman Ubergizmo mengungkap lima (5) cara yang bisa dipakai agar proses charging smartphone Anda lebih cepat. Simak cara-caranya berikut ini.

1. Gunakan Charger Tablet

Charger bawaan smartphone pada dasarnya memiliki daya pengisian yang lebih kecil. Namun, charger bawaan perangkat tablet rupanya memiliki daya pengisian yang cukup besar.

Perlu diperhatikan, tidak semua smartphone bisa menggunakan charger tablet. Beberapa smartphone memang dapat menggunakan charger tablet dan mampu mengisi daya baterai dengan cepat. Namun, terdapat beberapa smartphone yang daya baterainya hanya dapat diisi sesuai dengan kapasitas output charger bawaan.

Anda bisa menggunakan metode ini, namun perlu diingat jangan sering-sering melakukan hal ini. Gunakan metode ini pada saat yang diperlukan saja, karena penggunaan charger tablet ke baterai smartphone dapat mengurangi umur baterai smartphone.

2. Gunakan Kabel USB Dengan Kualitas Terbaik


Jangan gunakan kabel USB yang bukan bawaan smartphone Anda ketika hendak melakukan pengisian baterai.

Karena, jika Anda menggunakan kabel USB lain, kabel tersebut tidak mampu menghantarkan daya pengisian dengan sepenuhnya. Perlu diperhatikan juga bahwa kabel USB bawaan Anda pun pasti memiliki kualitas terbaik. Jika Anda menggunakan kabel USB berkualitas rendah, maka logam yang dipakai pun tidak bisa menangani listrik yang berdaya tinggi.

3. Ketika Nge-charge, Matikan Smartphone

Ketika sedang dalam proses pengisian baterai, sangatlah disarankan untuk mematikan smartphone Anda. Meskipun memang Anda tidak memakainya sama sekali, tetaplah matikan smartphone Anda. Karena, kinerja aplikasi dapat menyedot daya baterai dan membuat proses pengisian menjadi lambat.

Ketika Anda mematikan smartphone, maka secara otomatis seluruh aplikasi akan ikut mati, hal ini tentunya akan memperlancar seluruh penyaluran daya pengisian menjadi cepat. Namun, bila Anda lebih memiliki preferensi untuk tidak mematikan smartphone, Anda masih bisa menggunakan fitur Airplane Mode yang dimana dapat menghentikan transmisi sinyal Wi-Fi dan seluler.

Baca artikel menarik kami yang lainnya: Yuk... Belajar Aman Bermain Forex

4. Jangan Nge-charge Lewat Port USB Komputer

Kebanyakan dari pengguna smartphone memilih `jalan pintas` pengisian baterai dengan mencolokkan kabel USB-nya ke port USB yang ada di komputer, bagaimanapun cara ini dinilai salah. Pada dasarnya, hal tersebut hanya dilakukan untuk proses transfer data, hanya saja memang baterai akan terisi namun tidak secara cepat dan maksimal.

Hal ini disebabkan dari output daya port USB komputer yang hanya berkisar di antara 0,1 Ampere hingga 0,5 Ampere. Ini tentunya lebih rendah jika dibandingkan dengan output charger yang bisa mencapai 2 Ampere atau lebih.

5. Jangan Gunakan Smartphone Sama Sekali


Ketika sedang di-charge, jangan gunakan smartphone Anda sama sekali. Jika Anda mencoba menyalakan smartphone maka otomatis layar akan menyala, hal tersebut secara otomatis akan menguras daya baterai Anda. Sebagaimana diketahui, layar juga merupakan salah satu bagian smartphone yang dapat menguras baterai.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 cara nge-cas cepat ponsel anda

0 komentar: