Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Jaga Ginjal Dengan Sayuran Kaya Antioksidan





Ginjal ​berfungsi penting mengatur keseimbangan elektrolitik tubuh​.​ Asupan makanan dapat menyebabkan akumulasi ​mineral ​dalam urin dan membentuk kristal​ yang menggangu fungsi ginjal. Perbanyaklah konsumsi makanan sehat yang mencegah terbentuknya kristal pada ginjal. ​
Penderita penyakit batu ginjal harus ​cermat memilih makanan atau minuman. Karena tidak semua makanan baik untuk kesehatan ginjal. ​Makanan dan minuman kaya nutrisi sehat untuk ginjal perlu sering dikonsumsi.​

Sebaiknya jangan menunggu sampai terjadi kristal pada ginjal. Dengan konsumsi makanan kaya mineral, vitamin dan antioksidan yang baik untuk ginjal, secara tak langsung menjaga kesehatan ginjal.

​Banyak sayuran yang kaya antioksidan dan vitamin yang bisa menjaga kesehatan ginjal. Termasuk mencegah terbentuk kristal pada ginjal.​


1. Paprika merah
Paprika merah memiliki kandungan kalium yang rendah, dan tinggi akan vitamin A,asam folat, vitamin C, B6, dan ​kaya ​serat. Selain itu, juga mengandung lycopene yang merupakan jenis antioksidan yang dapat mencegah jenis kanker tertentu. Paprika ​sangat baik menjaga kesehatan ginjal​.
2. Kembang kol
Kembang kol adalah sayuran yang ba​ik​ untuk ginjal. Karena kaya akan vitamin C,folat dan serat. Sayuran ini juga mengandung senyawa yang dapat membantu hati untuk menetralkan zat-zat beracun.

3. Kubis
Kubis adalah jenis sayuran yang sarat dengan phytochemical. Fitokimia berfungsi secara efisien melawan radikal bebas dalam tubuh dan juga untuk mengobati kanker. Selain itu,sayuran ini juga mengandung vitamin B6, A, K, C, dan rendah kalium yang baik untuk ginjal.

4. Bawang merah
Bawang merah mengandung flavonoid, khususnya quercetin, yang dapat mencegah pengendapan zat lemak di pembuluh darah. Quercetin berfungsi untuk melindungi tubuh kita terhadap berbagai kanker dan gangguan jantung.

Karena rendah kalium, bawang merah aman untuk ginjal. ​J​uga mengandung chromium (semacam mineral) yang dapat membantu tubuh  untuk metabolisme lemak, protein dan karbohidrat.

5. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kadar kolesterol ​darah​. ​J​uga ​kaya​ ​akan ​antioksidan. ​Sebaiknya ​konsumsi bawang putih secara teratur untuk melindungi ginjal dari efek logam berat yang dapat merusak ginjal.
6. Blueberry
Blueberry mengandung antioksidan, yang disebut antosianin. Buah ini juga mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. Blueberry juga bersifat anti-inflamasi yang baik untuk ginjal.
Blueberry dapat dinikmati​ segar, untuk jus, smoothies atau milkshake.

7. Apel
Apel memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga memiliki sifat anti-inflamasi.​ ​Selain itu, apel juga dapat mengendalikan kolesterol, mencegah sembelit, dan melindungi dari penyakit jantung dan kanker.​ ​Apel ​bisa dibuat​ jus,​ dimakan segar atau dijadikan campuran salad.

8. Strawberry
Sama seperti buah sejenisnya, strawberry kaya akan vitamin C, mangan dan serat.​ ​Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi untuk mencegah kanker dan gangguan jantung. ​Konsumsi sebagai campuran salad buah, dibuat jus atau smoothies agar ginjal tetap sehat.​

9. Raspberry
Raspberry mengandung asam ellagic, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan mangan, vitamin C, folat, dan vitamin B.  ​Buah yang asam segar ini juga punya senyawa aktif dan nutrisi yang hebat sehingga raspberry sangat baik untuk kesehatan ginjal.

10. Ceri
Buah kecil berwarna merah ini sarat dengan antioksidan dan fitokimia. Biasanya ceri ditambahkan pada hidangan penutup dan makanan ringan. Selain itu, ceri juga berfungsi untuk menjaga jantung dan gangguan pada ginjal.

11. Anggur merah
Warna merah pada buah anggur mengandung berbagai flavonoid. Anggur terkenal dapat meningkatkan kadar oksigen dalam aliran darah. Salah satu flavonoid yang ditemukan dalam anggur adalah reservatol, yang dapat merangsang produksi oksida nitrat dan meningkatkan aliran darah.
Flavonoid juga dapat melawan kanker dan penyakit jantung. Anggur merah merupakan superfood untuk ginjal.

12. Minyak zaitun
Beberapa studi mengungkapkan fakta bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan kanker. Karena minyak zaitun kaya asam folat yang merupakan agen dari anti-inflamasi yang sangat baik.
​Karenanya ​baik untuk kesehatan ginjal​. Sebaiknya ​ganti minyak goreng dengan minyak zaitun agar tubuh tetap sehat.

13. Ikan laut
Kandungan protein pada ikan sangat tinggi. Ikan juga memiliki ​asam lemak ​omega-3 dan sifat anti-inflamasi.Hal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol,​ ​mencegah kanker dan penyakit jantung.​ ​Beberapa jenis ikan yang paling baik untuk dikonsumsi, seperti ikan tuna, salmon, ​dan ​makarel​.​

14. Putih telur

Putih telur mengandung protein alami yang tinggi sama seperti ikan. Protein ini memiliki asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Putih telur sangat baik untuk ginjal Anda. ​Bisa diolah menjadi beragam hidangan. Seperti omelet atau orak-arik untuk isian sandwich atau menu sarapan.​


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jaga Ginjal Dengan Sayuran Kaya Antioksidan

0 komentar: