Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

ANDA PUNYA LAPTOP BARU DI SAAT DOLLAR LAGI TINGGI: INI TIPS UNTUK MENJAGA LAPTOP ANDA

Saat ini, dollar naik begitu tinggi dan berarti barang elektronik tentu akan naik pula. Tetapi di jaman sekarang meski harga elektronik naik, laptop tetap menjadi barang kebutuhan karena banyak orang yang menggunakan laptop untuk pekerjaan sekolah mereka, bisnis atau liburan. Namun, laptop bisa kehilangan fungsi gunanya jika anda tidak membuiat laptop anda terpelihara dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu meningkatkan penggunaan laptop Anda.

Baca artikel menarik kami sebelumnya : Pengobatan Diabetes: Sejauh Mana Kemajuan Risetnya?
Tips untuk Menjaga Laptop Anda

1. Hindari debu


Untuk memastikan laptop Anda tetap efektif dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu untuk melindunginya dari debu. Akumulasi debu di laptop Anda pada akhoirnya bisa memblokir daerah ventilasi dan mengakibatkan overheating. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga laptop Anda dari terkena debu.

2. Simpan Di tempat sejuk

Selain debu, juga sangat penting untuk melindungi laptop Anda dari panas yang berlebihan. Sebuah laptop yang digunakan di tempat yang sejuk dan kering akan bekerja lebih efektif dan lebih cepat daripada jika terkena panas. Untuk melindungi laptop Anda dari overheating, hindari menggunakan laptop di pangkuan Anda, tempat tidur atau bantal karena hal ini akan menghalangi ventilasi bawah yang berfungsi membantu dalam pendinginan. Solusi terbaik untuk ini adalah dengan menggunakan nampan lap sebagai dasar untuk laptop Anda. Atau, Anda dapat berinvestasi dengan membeli pendingin kipas laptop yang dijual di sebagian besar toko komputer.

3. Menginstal firewall dan perangkat lunak antivirus


Jika Anda tidak menggunakan antivirus apapun, laptop Anda masih rentan terhadap terinfeksi oleh virus. Pastikan Anda menggunakan perangkat lunak antivirus yang tepat untuk melindungi laptop Anda dan tetap efektif dan aktif lebih lama. Anda juga harus menginstal firewall untuk membatasi akses ke laptop Anda. Firewall akan mengingatkan Anda kapan saja suatu entitas eksternal mencoba untuk mengakses laptop Anda. Anda kemudian akan memiliki pilihan untuk memblokir atau memungkinkan akses. Selain itu, Anda perlu berhati-hati menggunakan hard disk eksternal dan flash disk yang dihubungkan oleh Anda atau teman anda di laptop yang Anda miliki.

4. Hilangkan program yang tidak terpakai

Kadang-kadang, Anda mungkin memiliki beberapa program di laptop Anda yang Anda tidak benar-benar Anda butuhkan. Dianjurkan untuk menghapusnya sehingga dapat menciptakan lebih banyak ruang di hard drive Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi penting lainnya. Menghilangkan program yang tidak terpakai juga akan meningkatkan kinerja laptop Anda dan membuatnya lebih mudah untuk menemukan file-file penting.

5. Defragment hard drive

Bila Anda memiliki banyak program di laptop Anda, itu akan memakan waktu untuk menemukan file penting Anda. Oleh karena itu sangat penting untuk defragment drive Anda secara berkala. Defragmenting akan mengatur file Anda dengan cara yang membuat file-fila Anda akan lebih mudah untuk diakses.

6. Bersihkan registri Anda

Sesekali, file registry bisa rusak sehingga mengakibatkan perubahan drastis dan mendadak dalam kinerja laptop Anda. Pastikan Anda menjalankan pembersih registri Anda secara berkala untuk mengetahui apakah ada file yang korup atau error.

7. Minimalkan program untuk berjalan selama startup

Setiap kali Anda mulai laptop Anda, itu akan memuat semua file sistem, serta program-program yang telah dipilih untuk dijalankan saat startup. Semakin banyak program yang Anda jalankan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk startup. Oleh karena itu Anda harus meminimalkan jumlah program yang akan dijalankan selama proses booting.

8. Hapus temporary internet files

Kecepatan browsing lambat sering kali akibat dari koneksi internet yang buruk. Namun, dalam beberapa kasus, mungkin karena terlalu banyak file internet sementara disimpan dalam laptop Anda. Oleh karena itu Anda harus meluangkan waktu untuk menghapus file tersebut dari laptop Anda.

9. Kosongkan recycle bin

Ketika file tersebut dihapus dari laptop Anda, mereka berakhir di recycle bin. Ini berarti bahwa file-file tidak benar-benar dihapus dari laptop; mereka baru saja dipindahkan ke lokasi yang berbeda. Dengan demikian, file-file masih mengambil ruang di hard drive Anda. Oleh karena itu penting untuk mengosongkan recycle bin Anda sesering mungkin.

10. Perlindungan Daya


Perlindungan lonjakan listrik sama pentingnya untuk laptop seperti pada komputer desktop. Mengganti power supply laptop sangat mahal dibandingkan dengan berinvestasi dalam peralatan perlindungan dari sengatan listrik. Pastikan Anda mendapatkannya sehingga dapat melindungi laptop itu sendiri, serta catu daya laptop Anda.

Semoga bermanfaat !


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ANDA PUNYA LAPTOP BARU DI SAAT DOLLAR LAGI TINGGI: INI TIPS UNTUK MENJAGA LAPTOP ANDA

0 komentar: