Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Ternyata Ada Loh Manfaat Mengisap Darah di Jari yang Luka Sewaktu Kita Kecil Dulu....!

Biasanya waktu kita kecil ketika ujung jari kita terluka dan mengeluarkan darah pasti kita menjilat atau menghisapnya. Dan ketika anda mulai dewasa anda mulai menghentikannya karena merasa jijik atau merasa tidak steril. Walaupun cukup banyak orang dewasa yang masih menghisap darah di jari yang luka hingga saat ini.
Lalu apakah aman sebenarnya menjilat atau mengisap darah yang keluar dari luka di ujung jari? Benarkan bisa menghentikan pendarahan?
Break bentar ya, jangan lupa baca artikel menarik kami sebelumnya:
Dibenci Teman Kantor? Penyebabnya bisa jadi 5 Hal Kebiasaan Anda ini
Nah sobat semua ternyata kebiasaan kecil kita itu ada faedahnya loh. Beberapa peneliti dari Belanda menuliskan di Jurnal The FASEB bahwa memang ada senyawa di air ludah manusia yang dapat mempercepat mengobati luka yang berdarah. Senyawa itu bernama protein Histatin. Senyawa ini dapat membunuh bakteri dan mengobati luka tersebut.


Manfaat Menghisap Darah di Jari

"Hasil riset ini memberi kesimpulan bahwa itulah mengapa luka di mulut seperti gusi berdarah, sariawan dapat lebih cepat sembuh dari pada luka yang sama pada kulit atau tulang," ungkap Gerald Weissmann, MD, pemimpin redaksi The FASEB Journal.

Namun ada pendapat lain yang kurang lebih sama dari Dr. Dr. Nigel Benjamin, spesialis farmakologi klinis di Rumah sakit St. Bartholomew London. Dalam riset nya, Dr Benjamin menyampaikan bahwa saat air liur terkena kulit yang terluka, maka nitrat (komponen alami dari liur) memecah jadi nitrat oksida, yaitu senyawa kimia yang efisien dalam membuat perlindungan pada kulit yang terluka teriris dari bakteri.
Adapun Nitrat oksida dapat dipakai juga sebagai penyembuhan untuk infeksi dalam perawatan luka maupun pada keadaan kulit yang lain.



Ada juga riset lain yang menjelaskan bahwa air liur memiliki kandungan antibakteri alami yang lain, yakni lactoferrin serta lactoperoxidase. Kedua zat ini bersama nitrat oksida, menjadi antibiotik alami yang dapat menghambat infeksi.
Jangan lupa selalu simak update info terbaru menarik DiTarik.com

Walau demikian, aksi anda mengisap darah pada jari yang terluka sebaiknya baiknya cuma sebagai pertolongan pertama saja. Setelah pendarahan berhenti, Anda harus mencegah luka itu tak  infeksi. Memang tidak salah menjilat darah pada jari yang teriris untuk meredakan perih atau menyingkirkan darahnya. Namun perlu diwaspadai jika luka yang terjadi ternyata cukup dalam dan lebar, jika demikian lebih baik membawanya ke dokter segera.

Untuk melengkapi artikel kami ini, berikut kami sajikan info video menarik bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan khususnya CPR di Youtube.com. Smeoga bisa menambah wawasan anda terkait menjaga keselamatan diri dan orang terdekat anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ternyata Ada Loh Manfaat Mengisap Darah di Jari yang Luka Sewaktu Kita Kecil Dulu....!

0 komentar: