Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Batu Akik Mulai Murah, Pedagang Resah

Pada dasarnya fenomena akik ini tidak terlepas dari semakin tingginya peminat dan di gembor-gemborkan oleh media, harganya juga jadi tidak karu-karuan. Sehingga mau tidak mau, batu akik pun semakin banyak peminatnya dan semakin terkenal.

Fenomena batu yang terbuat langsung dari bumi ini memang sudah terkenal sejak lama. Ada yang menyebutnya dengan giok dan ada juga dengan akik. Namun ternyata batu ini bisa memiliki nilai hingga harga milyaran rupiah apabila batu tersebut memiliki motif langka.

Batu akik paling mahal sekitar Rp 1 Milyard yang dijual di aceh. Motifnya berlambangkan naga sehingga nilai jual dan kelangkaannya menjadi salah satu nilai tambah yang sangat tinggi dipasaran batu giok/akik tersebut.

harga batu akik murah


Namun kini, harga batu akik sudah tidak tinggi lagi. Hal tersebut karena semakin banyaknya orang yang pandai membuat atau menjadi perajin batu itu. Sehingga semakin banyak orang berjualan maka semakin mudah orang mendapatkan akik itu. Nah itulah kenapa harga jual akik murah.

Tapi ternyata hal itu hanya terjadi dibeberapa daerah saja. Meninggat didaerah lain harga akik batu masih mahal dan bisa dikatakan melebihi harga emas per ons nya sekarang.

Dengan harga akik turun maka pedagang juga mulai resah, karena mereka sudah menghabiskan banyak modal untuk membuat serta mencari batu tersebut. Bahkan tidak sedikit pedagang yang mulai gulung tikar.

Hal tersebut terjadi disejumlah daerah seperti Yogyakarta, Purbalingga, dan Jakarta. Tapi daerah diluar jawa harga akik masih mahal dan belum stabil serta keasliannya juga diragukan. Akik mulai dilirik pada awal bulan lalu, karena semakin banyak siaran TV yang menyiarkan dan memberitakan akik, maka harga batu akik pun melambung tinggi.

Harga akik murah berimbas juga ternyata bagi ekomoni rakyat menengah kebawah. Hal itu juga sangat berpengaruh besar terhadap semakin sulitnya untuk mencari uang di idnonesia. Harga batu mahal karena saat ini mengikuti kenaikan bahan pokok serta BBM dan melemahnya rupiah.

Tapi dari segi penjualan, batu akik murah masih banyak penggemarnya karna harga lagi turun, namun tidak semua provinsi di indonesia karena musim akik sudah hampir lewat sehingga orang akan malas membeli batu tersebut.

Ya semoga saja pedagang bisa menjual akik-akiknya dengan murah dan semua masyarakat dapat menggunakan akik tercantik yang pernah ada di indonesia, tapi ya pastilah pedagang rugi besar. Namun mau gimana lagi, ya itu supaya barang dagangannya cepat laku, makanya terpaksa jual murah. kata salah satu pedagang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Batu Akik Mulai Murah, Pedagang Resah