Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Waspada Batu Akik Palsu Banyak Di Jual Belikan.

Batu akik menjadi fenomena tersendiri bagi para pecinta batu mulia di Indonesia. Banyak yang mencari batu tersebut hanya sekedar untuk menunjukkan bahwa akik tersebut memiliki daya tarik yang bagus apabila digunakan.

Namun anda juga perlu waspada karena tidak semua batu akik itu asli, ada juga yang palsu dan diperjual belikan. Jadi anda para pecinta batu lebih waspada dalam memilih batu tersebut. Bang tarik pernah membaca artikel membedakan batu akik asli dan palsu dengan mudah.

contoh batu akik asli

Tips memilih batu akik asli

Dalam memilih batu mulia, lebih baik kalian memperhatikan asal mula batunya terlebih dahulu. Berikut ini bisa menjadi acuan dalam memilih batu yang bisa dikatakan asli
  • Batu akik yang asli tidak memiliki gelembung jika di senter dan menggunakan kaca pembesar. 
  • Tidak akan mudah rusak jika dibakar dengan api. 
  • Lihatlah serat dari batu tersebut, apabila seratnya banyak, maka bisa dikatakan asli, namun jika sedikit dan bahkan tidak ada sama sekali serat, maka batu tersebut dipastikan palsu.
  • Bila digoreskan dikaca, maka kaca yang akan lecet, bukan batu akik nya. Ini dikarenakan batu akik sangat kuat dan anti lecet. Namun jika palsu, maka batu akik lah yang akan lecet. 
  • Langsung cek di laboratorium
Nah itu lah mungkin tips yang bisa kalian lihat jika ingin membeli batu akik. Namun kalian juga harus mengetahui batu akik yang palsu dan bisa membedakannya dengan cermat. 

Ciri-Ciri Batu Akik Palsu

Memang banyak barang-barang yang bisa dikaitkan dengan kepalsuan, termasuk akik ini sendiri. Jika mau mengetes batu palsu atau asli kalian gunakan cara diatas. Namun ini bisa jadi referensi ciri-ciri batu akik yang palsu. 
  • Bentuk batu palsu sangat halus dan tidak ada cacat. Hal tersebut karena batu tersebut dibuat supaya halus dan mengkilap. Namun ini bisa menjadi acuan untuk menentukan ciri-ciri batu yang palsu. 
  • Jika batu disiram air panas, maka batu palsu akan sedikit lama mendingin, berbeda dengan batu asli yang jika disiram air panas maka batu akan sangat cepat kembali dingin dan normal. 
  • Dari beratnya, jika batu dengan ukuran sama namun beratnya berbeda, itu sudah bisa dipastikan yang ringan adalah akik palsu.
Nah itu yang perlu kalian ketahui tentang akik palsu. Jadi intinya kalian harus tetap waspada agar tidak tertipu dengan membeli batu mulia yang diperjual belikan secara bebas dipasaran. Harus pandai-pandai memilih akik yang bagus dan tentunya asli. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Waspada Batu Akik Palsu Banyak Di Jual Belikan.