Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

BPJS mengetahui Modus Kecurangan Klaim Rumah Sakit

Kecurangan bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Tak terkecuali dirumah sakit. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial tidak membantah bahwa banyak rumah sakit yang melakukan kecurangan terkait pengajuan klaim.


Pengajuan klaim itu karena banyak rumah sakit yang merasa telah merawat pasien kurang mampu, namun belum menerima bayaran dari pemerintah. Hal tersebut jelas membuat lobang tersendiri untuk melakukan kecurangan. 

kecurangan rumah sakit bpjs

Seperti yang dilansir oleh situs JPNN.com, direktur Pelayanan BPJS Fajriadinur mengatakan bahwa mereka dapat melihat ada kecurangan itu, ketika nilai total klaim selama 2014 lebih tinggi dibanding proyeksi anggaran mereka. Data sepanjang 2014 lalu, total klaim yang dibayar BPJS mencapai sekitar Rp 42,6 triliun. Pada tahun 2015 ini datanya belum masuk, sehingga Rumah sakit belum bisa memberikan klaim terhadap BPJS. 

Saat ini BPJS sudah menjatuhkan sanksi kepada rumah sakit nakal yang memainkan klaim tersebut. Ke 4 rumah sakit tersebut sudah di blacklist karena sudah melakukan kesalahan yang sama secara berulang-ulang. 

Rumah sakit yang melakukan aksi nakal tersebut sudah pasti untung. Karena RS tersebut mengaku bahwa merawat pasien dengan perawatan yang tinggi. Namun nyatanya hanya merawat pasien yang tidak memiliki penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu BPJS akan mengaudit setiap rumah sakit yang akan mengklaim perawatan pasien yang gratis lewat kartu BPJS tersebut. 

kecurangan rumah sakit tersebut bisa menjadikan modus baru karena hal tersebut bisa membuat negara rugi. Pasalnya nominalnya tidak sedikit. Lebih dari 42 Triliun dalam setahun dan nominal yang dapat diselewengkan sekitar 2 sampai 4 Triliun oleh beberapa rumah sakit tambah fajriadinur. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : BPJS mengetahui Modus Kecurangan Klaim Rumah Sakit