Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

1 Dollar Sudah Tembus Rp 13.000 Rupiah Melemah Menkeu Bilang Indonesia Untung

Dollar di prediksi akan terus melemah pada level Rp 13.700 sampai akhir tahun 2015. Pelemahan tersebut mungkin karena banyak faktor termasuk gunjang ganjing soal isu minyak ditimur tengah. Dollar menguat mengikuti arus global yang secara signifikan dapat melemahnya mata uang asing lainnya termasuk mata uang indonesia (Rupiah).

Saat berita ini diturunkan 1 dollar sudah tembus sekitar Rp 13.157 yang diambil dari sumber google.com! Tapi pada themoneyconverter.com Rupiah masih di kisaran Rp 13.090 per US Dollar.

1 dollar to rupiah tembus 13000

1 dollar to rupiah tembus 13000


Namun dengan tembusnya rupiah pada level tertinggi sejak krisis moneter pada tahun 1998 ternyata hal tersebut berbeda dengan cara pandang menteri keuangan yang menyebutkan jika harga rupiah terhadap dollar di harga Rp 13.000 lebih maka indonesia untung. Yang menjadi persoalan, siapa yang untung? Pemerintah yang memimpin indonesia, atau rakyat yang hidup di indonesia?.

Mungkin jawabannya adalah pemerintah yang memimpin indonesia, pasalnya tidak mungkin dengan harga rupiah per dollarnya diatas 13 ribu rakyat untung, karena mengingat bahwa harga dari barang barang import juga akan naik mengikuti harga rupiah melemah. Sebut saja seperti barang elektronik dan barang ekspor lainnya, pasti akan melonjak tajam dan tinggi mengikuti pelemahan rupiah tersebut.

Sumber detikFinance menyebutkan jika Rupiah terus melemah Rp100/dollar saja makan pemerintah indonesia akan mendapatkan surplus sebesar Rp 2.3 Triliun. Menkeu juga menjelaskan kalau pemerintah memang tidak mengambil untung dari surplus yang terjadi karena pelemahan mata uang indonesia. Namun nyatanya? Pemerintah biasa-biasa saja menyikapi dollar yang terus menguat tersebut.

situs detik menyebutkan dollar to rupiah

Seharunya menteri keuangan lebih berfikir kearah luas, bukan hanya keuntungan dari segi pandang pedagang valas. Menteri Keuangan juga harus memikirkan harga-harga yang mengikuti pelemahan rupiah terhadap dollar tersebut. harusnya menkeu mengambil keputusan dengan menerbitkan suku bunga BI yang dapat menyetabilkan harga rupiah terhadap dollar.

Saat ini mungkin semua kebutuhan akan mengikuti arus kenaikan. Pasalnya semua yang di import dari negeri lain pasti akan mengikuti harga beli yang tinggi. Dan yang untung malah seharusnya pemerintah mengekspor barang keluar negeri bukan malah rupiah yang tembus 13.000 baru untung.

Bang tarik pribadi sih gigit jari, karena ini merupakan kemunduran sejak tahun 1998 dan indonesia kembali pada jaman krisis moneter atau krismon. Namun nyatanya tidak ada hal hebat yang dilakukan pemerintah untuk mencegah nilai mata uang indonesia yang semakin melemah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 1 Dollar Sudah Tembus Rp 13.000 Rupiah Melemah Menkeu Bilang Indonesia Untung