Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Meningkatkan SEO Dapat Menambah Pengunjung Blog

Ini merupakan artikel pertama saya mengulas tentang SEO. Kita ketahui kalau SEO (baca: Search Engine Optimasi) sangat penting bagi perkembangan sebuah blog. Mengapa? Karena memang mesin pencari memberi syarat-syarat khusus agar blog yang dikembangkan dapat tampil di mesin pencarian.

Apa Saja Mesin Pencari Itu?
Mesin Pencari itu seperti Google, Yahoo, Bing, dan Baidu. Mungkin masih banyak lagi mesin pencarian di internet. Tapi tidak terlalu terkenal seperti yang saya sebutkan tadi.

Artikel kali ini saya akan mencoba membahas tentang arti penting meningkatkan SEO pada sebuah blog. Ya, SEO memang sangat penting karena bisa menambah pengunjung website atau blog yang telah kita kembangkan.

Oya, sebelumnya saya tadi menjelaskan kalau mesin pencari itu memberikan syarat-syarat khusus agar blog kita bisa tampil di mesin pencarian ya? Oke, lalu apa saja syarat yang harus dipatuhi? ini dia;

1. Jangan melakukan Spam
Dalam kategori ini, Spam sangat berpengaruh pada blog yang kita kembangkan. Masalahnya spam adalah sebuah kejahatan internet yang sangat sulit dibasmi. Arti Spam itu adalah kita menanamkan Link situs blog pada situs/website lain. Seperti selengkapnya, seterusnya, baca selanjutnya.

Ini adalah penyakit para blogger. Padahal jelas-jelas kalau spam itu sangat dilarang jika kita meningkatkan pengunjung blog. Pasalnya, spam bisa merusak reputasi sebuah website atau blog. Google sangat membenci situs yang melakukan spam.

2. Onpage dan Offpage yang seimbang atau balance. 
Apa yang disebut offpage adalah ketika blog menanamkan backlink di situs-situs dofollow ataupun nofollow dengan cara mencantumkan link di signature dan lain sebagainya.

Dan yang disebut dengan onpage adalah ketika kita menanam link terkait pada setiap halaman posting blog milik kita sendiri.

Yang dimaksud dengan Onpage dan Offpage seimbang adalah antara link keluar (dalam blog sendiri) dan link masuk (backlink) pada sebuah blog yang kita kembangkan itu seimbang. Artinya tidak terlalu banyak link keluar dan tidak terlalu sedikit link masuk. Apakah anda mengerti dengan yang saya jelaskan? Coba baca sekali lagi.

3. Patuhi Kebijakan dan Alat pengembangan yang tersedia di Webmaster. 
Ini sudah sangat jelas bahwa google memberikan alat untuk pengembangan sebuah blog yang kita kelola. Google Webmaster sangat membantu para pengembang untuk memperhatikan setiap blog dan pengaruhnya terhadap mesin pencarian.

Lantas, jika sudah mematuhi syarat-syarat diatas kita sudah bisa meningkatkan SEO? jawabannya 1. Belum !! Mengapa? Coba baca penjelasan saya terlebih dahulu.

Sebuah blog yang bagus di mata google adalah ketika pemilik blog memikirkan faktor berikut ini;
#UserFriendly
#WebmasterFriendly
#MobileFriendly

Baca: Dengan Google Semua Menjadi mudah

Itu aspek penting bagi pemilik blog. Yang artinya adalah kita harus memikirkan sebuah blog yang disukai oleh pengunjung, yang disukai oleh webmaster (terutama Google) dan tentunya Tampilan selalu responsive mengikuti dengan apa blog kalian dibuka. (browser, smartphone, dan tablet).

Setelah itu, kita sebagai pengembang blog juga harus mempertimbangkan konten yang kita utamakan untuk di publish atau biasa disebut niche. Mengapa niche itu penting? Agar blog saling terkait satu sama lain dan mudah menentukan target pengunjung.

Baca: Menentukan Niche Blog

Meningkatkan SEO memang sangat sulit, pasalnya kita harus memperhatikan beberapa aturan main mesin pencari. Kalau sudah mengikuti semua aturan mainnya kita akan menikmati penambahan pengunjung blog dari hari ke hari. Dan tentunya blog bisa terkenal dengan mudah.

Jika memang kalian ingin meningkatkan SEO untuk menambah pengujung blog, kalian harus memiliki setidaknya sebagai berikut;

  • Template/themes yang menarik
  • Artikel yang unik (minimal 300 kata)
  • Artikel selalu diperbaharui (Setidaknya 1 hari 1 artikel)
  • Artikel saling terkait
  • Navigasi yang mudah
  • Meta Tag yang terintegrasi dengan berbagai mesin pencarian (Cari Di Google "metatag blogger"
  • Backlink yang sangat berkualitas (Nofollow atau Dofollow). 
  • Jangan Copy Paste artikel yang sudah tersebar di internet. 
  • Bookmark Blog disetiap situs Authority

Mungkin itu sudah cukup untuk membuat SEO blog kalian berpengaruh di mesin pencarian. Semoga Beruntung.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Meningkatkan SEO Dapat Menambah Pengunjung Blog