Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

Bagaimana Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah

Jika ingin bepergian keluar negeri pastilah memerlukan paspor, tapi apakah kalian tahu bagaimana cara membuat paspor? Jika tidak, saya akan mencoba untuk mengulas satu-per-satu dengan mudah apalagi saat ini sudah bisa dilakukan dengan online. Wah tentu lebih gampang bukan.

Oke, Jika kalian belum tahu apa itu paspor, maka saya akan memberikan penjelasannya. Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah/pejabat serta memiliki kewenangan untuk mengeluarkan sebuah tanda atau identitas diri sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara tersebut dan memiliki masa berlaku yang sudah ditentukan dengan tujuan untuk liburan, tinggal sementara, dan belajar di negara lain.

Saat ini indonesia sudah bisa membuat passpor online dengan mudah, karena negara indonesia sudah menetapkan aturan yang harus kita lengkapi jika ingin mengajukan pembuatan tersebut.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah dan Syaratnya?

1. Kalian harus menyiapkan KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah (Jika ada), Akte Kelahiran, Ijazah dan juga surat keterangan dari kantor (Jika Ada). Semua data dokumen tersebut disimpan dalam bentuk JPG dengan di scan terlebih dahulu.

2. Buka situs Pembuatan Paspor Online resmi dari pemerintah http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp dan masukkan semua keterangan yang diperlukan sesuai identitas diri. Biasanya hal ini diperlukan sebelum anda pergi ke kantor imigrasi.

3. Setelah mengisi keterangan pada situs resmi tersebut, kalian akan mendapatkan tanda terima pra permohonan, dimana tanda terima ini diperlukan untuk melajutkan pengajuan di kantor imigrasi.

4. Kunjungi kantor imigrasi di daerah kalian membawa semua dokumen asli seperti yang saya tuliskan di No. 1 serta tidak lupa juga dengan membawa tanda terima pra permohonan yang sudah dibuat.

5. Ambil formulir pendaftaran yang dijual disekitar kantor imigrasi. Biasanya harga formulir tersebut tidak lebih dari 20 Ribu, Tergantung dari ketentuan setiap daerah.

6. Isi formulir tersebut sebelum mengajukan kepada bagian informasi.

7. Mendaftar di bagian informasi dan menyiapkan semua kelengkapan dokumen dan biasanya disuruh menunggu sampai nama kalian dipanggil oleh bagian informasi tersebut.

8.Jika sudah dipanggil, kalian akan diminta untuk verifikasi data sesuai dengan dokumen-dokumen asli yang kalian bawa sebelumnya. Serta tidak lupa mengajukan surat tanda terima pra permohonan yang telah di buat online tadi.

9. Jika data yang sudah lengkap tadi di setujui, kalian akan disuruh foto copy surat verifikasi tersebut dan kembali lagi ketika sudah di foto copy seterusnya diserah terimakan kepada petugas di kantor imigrasi.

10. Setelah itu, kalian akan disuruh untuk melakukan pembayaran di kasir. Biasanya untuk 48 Halaman harganya Rp 250.000 (Jika belum naik) cari di internet tentang biaya pembuatan passpor.

11. Jika sudah melakukan pembayaran, kalian akan diminta untuk memberikan bukti pembayaran tersebut kepada bagian yang berkaitan dan jika rame, maka disuruh antri untuk melakukan wawancara dan foto.

12. Masuk dan diminta untuk wawancara serta foto. Jika kalian lulus dibagian wawancara maka paspor sudah siap untuk di buat dan membutuhkan tanda tangan anda. Setelah itu petugas imigrasi akan meminta anda paling tidak 7 hari lagi datang untuk mengambil passpor setelah itu pulang dan menunggu.

13. Datanglah lagi kekantor imigrasi pada hari ke 5 atau 6. Biasanya passpor sudah jadi dan siap anda bawa, dan kalian juga harus datang pada siang hari untuk menghindari antri. Langsung saja ke bagian pengambilan paspor dengan menunjukkan bukti pembayaran yang sudah dilakukan.

14. Kalian akan diminta untuk foto copy passpor tersebut halaman pertama dan halaman terakhir dan menyerahkan fotocopy tadi kepada petugas.

15. Passpor telah selesai dan kalian bisa menggunakannya.

mudah membuat pasporCara ini sebenarnya tidak terlalu online untuk melengkapi dokumen kalian, kalian juga harus wajib ke kantor imgirasi untuk mengurus hal-hal seperti tanda tangan dan wawancara. Agar lebih memudahkan untuk menghindari antri saat pengisian dokomen makanya dibutuhkan surat tanda terima pra permohonan. Sehingga tidak terjadi antri yang terlalu panjang.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat passpor tersebut. hehe. Semoga berhasil ya. Salam.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah