Blog kumpulan berita yang terbaru, tips, hiburan, review aplikasi, blogging, cara mengatasi, kumpulan dari berbagai harga, smarphone android, laptop. Karena hidup adalah pilihan

cara membuat blog tanpa masalah

hallo, terima kasih sudah mampir disini. saya kali ini ingin membagikan artikel yang cukup sederhana dan semoga bisa membantu anda dalam membuat blog tanpa masalah apapun.

kenapa saya bilang tanpa masalah? biasanya orang akan banyak berfikir gimana sih membuat blog yang baik itu, apakah harus memiliki desain template atau themes yang bagus, harus memiliki nama domain yang unik, dan apakah harus memiliki fanspage media sosial yang banyak? kalau saya jawab iya, itu artinya memang penting. tapi saya coba untuk menjawab tidak, karena membuat blog itu tidak harus sama seperti yang saya sebutkan diatas. (dengan catatan jika hanya membuat blog tanpa memikirkan ketenaran atau menjadi terkenal ya).

tapi beda lagi jika anda memang fokus membuat blog menjadi terkenal, nanti saya akan coba share caranya. tapi tidak sekarang. karena saya sekarang fokus pada cara membuat blog yang simpel dan dinamis alias default (bawaan).

Nah sekarang jika anda ingin tahu cara membuatnya, mari disimak tulisan saya secara teliti dan dengan perasaan supaya anda bisa mengembangkan diri dengan baik. okey. haha.

pertama

asal mula anda berkenalan dengan blog dari mana? wordpress kah, blogspot kah, tumblr kah,blogdetik kah, atau situs penyedia blog gratis lainnya. disini saya tidak membahas tentang blog yang sudah memakai vps, hosting dan nama domain ya.

jika anda menemukan blog dengan subdomain seperti yang diatas artinya anda memiliki keinginan untuk memberikan tulisan yang bermanfaat bagi orang lain, lewat gaya tulisan anda sendiri, lewat pemikiran yang ada di pikiran anda, ataupun dari pengalaman pribadi anda. boleh saja.
Sesudah anda menemukan blog yang menurut anda bagus,dan menentukan ingin memulai dengan platform apa? maka anda telah siap untuk belajar memahami sebuah blog.

atau jika anda ragu, anda bisa coba satu persatu situs penyedia blog gratis. tapi menurut saya ini akan membuang waktu anda saja. dan sepertinya hal tersebut tidak terlalu berguna jika anda hanya ingin membuat blog secara gratis.

banyak kok situs penyedia blog gratis di internet. sekarang banyak perusahaan besar mulai merintis opensource blog dan anda bida sepuasnya memodifikasi blog anda, tapi itu nanti jika anda sudah ahli dan banyak belajar.

kedua

jika anda sudah menemukan yang cocok dengan gaya nulis anda, anda bisa mendaftarkan diri pada situs penyedia blog di masing-masing link yang tersedia.

seperti contohnya jika anda melihat blog dengan subdomain example.wordpress.com maka anda pergi ke situs wordpress.com untuk melakukan registrasi. begitupun dengan penyedia blog lainnya, anda bisa cari sendiri.

namun saya merekomendasikan anda menggunakan blogger atau blogspot dimana untuk tampilan default blog terlihat sederhana dan kode nya juga mudah untuk dikuasai bagi para pendatang baru di dunia blogging.

silahkan anda mendaftarkan diri telebih dahulu, lalu anda akan dimintai ketarangan dan identitas anda. mulai dari nama, email, nama akun, dan password anda. semua itu harus disimpan baik-baik agar.anda tidak lupa.

caranya? ya masuk di situs ini bro, wordpress.com, blogspot.com, tumblr.com, blogdetik.com

ketiga

setelah mendaftarkan diri biasanya anda akan diminta untuk membuat link url anda dengan subdomain baik itu wordpress, blogspot, tumblr. blogdetik dan lain sebagainya.
isi sesuai dengan kebutuhan anda dan jenis tulisan yang ingin anda kembangkan. jika terdapat kesalahan dalam menginput nama url anda, bisa dipastikan bahwa nama url tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

saran saya apabila url sudah digunakan orang lain, makan anda bisa menambahkan embel-embel digit di akhir atau awal domain anda. misalnya nama url domain untuk misterius.blogspot.com sudah terpakai maka anda harus menggunakan nama lain seperti misterius229.blogspot.com, hal tersebut lebih efektif dibandingkan anda harus menambah kata lagi. kalau bisa cari nama blog yang singkat dan mudah di ingat serta mudah untuk baca.

blog tanpa masalah
Source: Google and Tempo
pastikan semua data yang anda input benar supaya blog anda berjalan lancar.
kemudian pilih template atau themes yang anda sukai. disitu banyak sekali pilihan untuk mengganti template.

dan setelah itu anda akan memiliki blog baru dengan optimasi bawaan dari penyedia situ blog gratis tersebut. dan selamat blog anda sudah jadi. seterusnya anda akan diarahkan oleh tur dari masing-masih penyedia blog.

lalu, anda bisa menuangkan semua tulisan dan pemikiran anda di sebuah blog tersebut. usahakan tulisan anda bermanfaat supaya dikemudian hari ands tidak menyesal, kenapa? karena dari blog kita bisa mendapatkan rupiah bro. hehe. kalau masalah membuat blog menjadi seo, nanti saja kita bicarakan dilain kesempatan. 

artikel ini hanya trik sederhana membuat blog bagi para pendatang baru. masalah membuat kode, membuat tampilan lebih bagus. membuat artikel terindeks. nanti saja dipikirkan jika anda sudah memiliki artikel tulisan sekitar 10 keatas. blog akan otomatis terindeks, tapi ya tidak langsung masuk di page one, tapi yang jelas sudah ada di google search engine.

caranya mudahkan? yaiyalah saya tidak bisa memberikan cara lebih akurat seperti menggunakan gambar, karena saya posting tulisan ini melalui handphone saya jadi saya menjelaskan apa adanya saja dulu. apabila ada yang kurang saya akan update bagaimana cara membuat blog agar lebih mudah dipahami oleh orang yang baru mengenal dunia blogging. oya masalah artikel terindeks itu sebenarnya bisa langsung di indeks oleh search engine, tapi ya memang harus menunggu beberapa hari dulu supaya blog kamu dikenal oleh mesin pencari alias search engine.

bagaimana apakah tulisan ini membantu mengatasi masalah anda dengan blog? jika tidak silahkan kontak saya. saya bisa membantu anda dalam membuat blog lebih baik baik itu di search engine ataupun template. dan oya, template ini sederhana, tapi saya suka. jadi saya tidak terlalu memikirkan desain template blog saya. hehe.

yasusah semoga bisa membantu anda ya. terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. semoga dapat manfaatnya ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : cara membuat blog tanpa masalah